Langsung ke konten utama

Headline

Tahun 2024, Apakah Dunia Blogging Tanah Air Masih Menarik?

Terinspirasi dari 2 komunitas yang sedang memperingati hari jadi atau ulang tahun yang sama-sama dirayakan bulan Februari, artikel ini kami tulis. Melihat suasana mereka yang penuh suka cita dan ramai, dunia blogging masih baik-baik saja tahun 2024. Instagram beberapa hari terakhir ini, saat halaman ini kami terbitkan , sangat menarik perhatian kami. Adalah Gandjel Rel dan BloggerCrony yang menciptakan suasananya dengan berbagai momen bahagia. Jika komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel , diperingati dengan acara sederhana, maka BloggerCrony dilakukan dengan menggandeng sebuah brand. Keduanya kompak memanfaatkan momentum ulang tahun komunitas untuk terus mempererat para pemilik blog yang sekarang ini semakin sibuk dengan branding baru mereka sebagai konten kreator. Dunia blogging Tanah Air Memang kedua komunitas yang kami tulis ini tidak mewakili wajah perblogeran secara luas. Namun, cara mereka untuk terus merayakan di kota masing-masing adalah hal positif. Mereka menginspi

Mengenal Klasmen Liga Blogger Indonesia


Dalam dunia sepakbola, Anda tentu mengenal yang namanya klasmen atau tabel peringkat tim-tim yang sedang mengikuti kompetisi. Termasuk Liga blogger Indonesia, sistem ini pun berlaku untuk memberi peringkat kepada peserta yang mengikuti. Bagaimana bentuk klasmen dan cara LBI mengaturnya?

Salah satu hal menarik dari kompetisi Liga Blogger Indonesia atau LBI adalah peringkat peserta yang ada di klasmen. Tiap pekan, peserta berusaha mengumpulkan poin untuk mendapatkan kemenangan dan berada paling atas di klasmen sementara.

Semakin di atas, gelar juara tentu semakin mudah direngkuh. Tapi tunggu dulu, meski sudah berada di atas, jangan lupakan peserta lain yang juga ingin mengambil alih.

Bentuk klasmen Liga Blogger Indonesia
No
Nama
Pekan
Main
Posting
Poin
BebasTemaKomentarWaktu
1@ririekayan12121212121228
2@elisafariesta12121212121224
3@Ge1212y12121212111224
4@chikarein12121211111123
5@witri_nduz12111111111123
6@Guru5seni812121212121222
7@gemaulani12121212121222
8@epatyci1612121212121222
9@Leon_sps 12101010101022
10@siethi_nurjanah12121212121222

Seperti Anda lihat di atas tulisan ini, klasmen terdiri dari nama-nama peserta yang diambil dari akun twitter. Jadi, usahakan bahwa Anda menggunakan nama terbaik di sana.

Pekan

Arti lainnya adalah minggu yang artinya setiap minggu dihitung. Pekan 12 berarti ada 12 minggu yang bisa ditebak bahwa kompetisi LBI berjalan selama 4 bulan lamanya. Anda harus mendapatkan kemenangan atau poin tiap pekannya.

Main

Ini adalah jumlah Anda berpartisipasi dalam mengikuti tiap pekannya. Bila Anda konsisten, maka nilainya adalah 12. Sama seperti jumlah pekan yang ada di dalam kotak klasmen.

Beberapa peserta terkadang mengalami kesulitan untuk menjaga intensitas per pekannya. Ada yang hari ini tidak bermain dan kadang minggu besoknya mereka ikut bermain. Usahakan untuk menjaga konsisten.

Bebas

Berisi daftar postingan bebas yang diberikan kepada peserta. Nilainya 1 poin, dan tidak dibatasi peserta mau menulis apa. Totalnya ada 12 semisal konsisten.

Tema

Sama halnya dengan bebas, total yang harus didapatkan adalah 12. Tema di sini adalah postingan yang harus dikerjakan peserta yang diberikan dari LBI.

Komentar

Anda harus berkomentar di blog peserta lain untuk mendapatkan poin. Musim lalu, LBI hanya mentargetkan 5 komentar yang dihitung dengan 1 poin. Anda harus berkomentar di blog-blog peserta yang berbeda, minimal 5 blog. Jumlahnya akan menyesuaikan tiap musim.

Waktu

LBI memberikan batasan waktu tertentu kepada peserta. Biasanya hanya 5-6 hari, setelah melewati batas waktu, nilai poin Anda tidak dihitung. Yang artinya kehilangan poin.

POIN

Ini adalah jumlah poin yang Anda dapatkan setelah diakumulasikan jumlah poin dari Bebas, Tema, Komentar dan waktu. Total keseluruhannya ada 4 poin.

4 poin milik Anda ini akan diduelkan dengan blogger lawan Anda yang sebelumnya sudah diberitahukan. Seperti sepakbola, Madrid vs Barcelona. maka bila total poin Anda 4 dan lawan Anda 4 juga maka hasil skorenya adalah 4-4. Ini artinya seri dan Anda berbagi 1 poin bersama lawan Anda.

Namun bila Anda skornya 4-3, 3-2, 1-2 dan seterusnya, Anda menang dan berhak mendapatkan 3 poin. Sedangkan lawan Anda tidak mendapatkan poin atau nol (0) poin.

...

Anda dapat melihat klasmen musim ke-4 tahun 2016 dengan mengunjungi link berikut ini. Musim lalu, LBI diikuti 40 peserta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Skor dan Poin

Buat yang baru bergabung dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia, ada info tentang skor dan poin. Skor semacam gol yang ada dipertandingan sepakbola, sedangkan poin adalah

Berkenalan Dengan Retizen, Platform Blog Dari Republika

Bulan Desember 2021 adalah kali pertama kami berkenalan dengan Republika Netizen atau disebut Retizen. Saat melihat websitenya, kami jadi ingat Blogdetik yang pernah meramaikan dunia perblogeran Tanah Air. Apakah kamu sudah mampir ke retizen? Andai Blogdetik masih ada, mungkin daftar platform blog lokal atau Indonesia menjadi tiga. Ada Kompasiana, Retizen dan Blogdetik yang tadi disebutkan. Tahun 2021 Platform dari Republika ini diluncurkan pertama kali pada bulan Juni 2021. Itu artinya terhitung baru. Namun jumlah penghuninya atau blogernya dikatakan dalam website msn.com (12/12/2021) , sudah ada puluhan ribu. Menarik jika begitu. Pantas halaman websitenya yang beralamat di retizen.republika.co.id sudah beragam artikelnya yang dipublish.  Baru tahu Republika punya platform untuk blogger seperti Kompasiana yang disebut Retizen Diluncurkan pertama kali bulan Juni 2021 Cek https://t.co/loT5s2x8CA — #gablonesia (@LigaBloger) December 13, 2021 Blogger of the month Buat bloger lawas, Retiz

Istilah WO dalam Liga Blogger Indonesia

Dalam dunia sepakbola ada yang dinamakan WO atau Walk Out. Biasanya tim yang dianggap WO karena mogok main atau tidak hadir disebuah pertandingan. Bagaimana dengan kompetisi Liga Blogger Indonesia?