Rabu, 13 Januari 2016

Statistik Jumlah Pengguna Platform Blog di Liga Blogger Indonesia 2016


Hampir 22% peserta LBI 2016 sudah bisa disebut blogger profesional bila merujuk platform yang berbasis dotcom. Karena dengan domain sendiri, pemiliknya lebih terlihat mandiri, dan bagaimana dengan pengguna platform yang tidak berbayar?

Musim keempat, LBI diikuti sekitar 40 blogger dari sebagian kota-kota yang ada di Indonesia. Dari sekian banyak tersebut, LBI melakukan survei tentang pengguna platform. Hasilnya, sebagai berikut ;

  1. Dotcom - 22 pengguna
  2. Blogspot - 13 pengguna
  3. Wordpress - 2 pengguna
  4. Webid -2 pengguna
  5. Blogdetik - 1 pengguna
Kesimpulan

Menempatkan pengguna dotcom paling atas sepertinya sudah seharusnya mengingat potensial blogger saat ini tidak dapat dipandang remeh. 

Mereka yang move on dari platform tidak berbayar menjadi berbayar hanyalah soal nama saja. Ibaratnya merek kendaraan tapi tetap saja jenisnya sama.

Urutan kedua, blogspot yang merupakan platform dari Google masih sangat diminati peserta. Termasuk blog LBI ini sendiri. Awalnya istilah blogger hadir dari platform ini, seiring waktu berubah sesuai perkembangan.

Pesaing dari blogspot awal-awal berdiri adalah wordpress. Saat blogspot terus berada diatas, pengguna teralihkan dengan hadirnya wordpress. Meski begitu, blogspot masih akan tetap lebih menarik.

Web id sebenarnya sama dengan dotcom yaitu platform berbayar. Web id seolah hadir untuk lebih sisi personal mengingat nama dotcom sudah digunakan sejuta umat, baik secara personal maupun bisnis.

Terakhir, platform rasa lokal asli Indonesia ini sempat mengalami masa jaya-jayanya beberapa tahun silam. Entah saat ini bagaimana kabarnya. Hadirnya platform ini yang satu-satunya membuat harapan bahwa mereka baik-baik saja bisa terlihat.

**Masih banyak lagi sebenarnya platform yang ada di dunia blogging saat ini. Namun karena survei ini hanya untuk peserta LBI maka yang ada hanya 5 ini saja. Apa pun platformnya, tetap, cita rasanya juga sama. Sama-saman memberikan konten tentunya. 

Survei diambil dari peserta LBI 2016

6 komentar:

  1. 22 pengguna dari 40 peserta.
    Berarti presentase pengguna dot.com lebih dari 50 % donk :-)

    BalasHapus
  2. wordpress cuma 3 orang aja

    BalasHapus
  3. Berapa jumlah blogger aktif di Indonesia ya?
    terima kasih

    BalasHapus
  4. data di AntaraNews tahun 2015, blogger Indonesia hanya 3,5% dari 88 juta pengguna internet di Indonesia yang artinya hanya 3 juta orang saja. Entah 2016

    BalasHapus
  5. karena domain com lebih popular dibandingkan blog cepot
    www.bikerzone11.xyz

    BalasHapus